Diduga Lakukan PHK Sepihak PT HERO Tbk Mall Ratu Indah Makassar,Didemo Oleh Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia ( KSPSI ).

 


Makassar Sulsel Persnews.my.id Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI)Bersama Federasi Serikat Pekerja, (FSP) Gelar Aksi Demontrasi didepan Mall Ratu Indah Jalan Sam Ratulangi Kota Makassar, Kamis (29/3/2024) Jam (13:00) Wita.


KSPSI mendesak Supermarket PT.Hero tbk, kembali mempekerjakan tiga orang karyawan yang dipecat secara sepihak tanpa menerima pesangon, atau melakukan pembayaran upah atau gaji dan tunjangan tiga orang karyawan yang dipecat secara sepihak.


Ketua Federasi Serikat Pekerja (FSP) memberi penjelasan ke awak media dalam wawancara ringkas, “berawal dari persoalan voucher dimana seorang pekerja mendapat voucher dari seorang costumer dan voucher itu dibelanjakan, yang sebenarnya dari pihak PT Hero tidak dirugikan,



Namun yang kami lihat pihak Hero menyalahkan pekerja karena memakai vocher yang diberikan oleh costumer, dan langsung melakukan pemecatan secara sepihak,, dari itu Lembaga (FSP) mendapat kuasa untuk melakukan pendampingan melakukan proses tindak lanjut ke Dinas Pekerja Kota Makassar.


Lanjut, ” hasil dari Dinas Tenaga Kerja Makassar, (Disnaker) setelah berapa kali mediasi dengan pihak Hero, Disnaker mengeluarkan anjuran karyawan itu dikembalikan bekerja di PT Hero. Karena dari pertimbangan hukum ketenagakerjaan yang diberikan oleh mediator bahwa dalam anjurannya, kesalahan itu tidak bisa di kategorikan kesalahan berat, atau berdasar.



” Karena melihat PT. Hero ini sepihak, makanya itu setelah ada anjuran keluar kami kembali mendesak pihak Hero, untuk kembali memperkerjakan tiga karyawan yang di pecat, sesuai dengan anjuran pihak Disnaker, tapi dari pihak PT. Hero menolak, malah meminta dari pihak Organisasi (FSP) untuk masuk ke pengadilan, Jelasnya.



Ironisnya, pihak PT Hero saat melakukan PHK, terhadap tiga Karyawan, diduga tidak melakukan atau memberi peringatan lebih dulu, langsung melakukan tindakan PHK secara sepihak, yang sangat terkesan pihak dari PT Hero arogan dalam memimpin karyawan.



Saat beberapa awak media mendatangi Supermarket PT.Hero untuk melakukan klarifikasi, namun sangat di sayangkan pihak management PT Hero tidak mau bertemu dengan awak media, dengan alasan sibuk brifing dengan pimpinan pusat jakarta, informasi dari salah satu Karyawan.



Tidak sampai disini, awak media persnews.my.id dan beberapa awak media lainnya menunggu dari pihak management agar dapat menerima kunjungan awak media untuk melakukan klarifikasi, namun lagi-lagi pihak management tidak menerima awak media untuk klarifikasi, kuat dugaan management PT.Hero Tbk Mall Ratu Indah Makassar Alergi terhadap Wartawan.


Hingga tayangnya berita ini, belum menerima jawaban dari pihak Management PT. Hero Mall Ratu Indah Makassar..



Jurnalis Firman.Karca.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama