Waduk Tunggu Pampang Di Makassar Statusnya Saat Ini Naik Menjadi Waspada.


Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan (Sulsel) sejak beberapa hari terakhir. Waduk tunggu Pampang di Makassar statusnya saat ini naik menjadi waspada.


Posko Induk Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang menyampaikan perkembangan terbaru sekitar pukul 14.00 Wita,Selasa (16/1/2024).


"Status waspada," tulis Posko Induk BBWS Pompengan Jeneberang.


Elevasi tinggi muka air (TMA) sungai di waduk Pampang saat ini mencapai +1.75. Kemudian top spilway mencapai +1.30 dan top jalan +2.50.


Selain itu, luas genangan mencapai 3.36 Ha dan volume tampungan 1.080.000 m3. "Air sungai rata dengan waduk," tambahnya.


Untuk diketahui waduk tunggu Pampang terbagi menjadi 3 kategori, yakni waspada, siaga, dan awas. Elevasi waspada dengan ketinggian air 1.10 meter, elevasi siaga pada 1.80 meter, dan elevasi awas pada 2.40 meter


Diberitakan sebelumnya, BMKG Wilayah IV Makassar merilis peringatan dini cuaca ekstrem tiga hari ke depan dari 14 hingga 16 Januari 2024. Pihaknya mengumumkan daerah-daerah di Sulsel yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.


Pada tanggal 14 Januari, adapun daerah terdampak yakni, Barru, Gowa, Luwu, Luwu Utara, Makassar, Maros, Pangkep, Palopo, Takalar, Tana Toraja dan Toraja Utara.


Sementara pada 15 Januari potensi hujan lebat terjadi di Barru, Enrekang, Gowa, Luwu, Luwu Utara, Makassar, Maros, Pangkep, Palopo dan Takalar.


Selanjutnya pada 16 Januari wilayah terdampak, yaitu Barru, Enrekang, Gowa, Luwu Utara, Luwu Timur, Makassar, Maros, Pangkep, Palopo, Parepare, Takalar, Tana Toraja, dan Toraja Utara.


"Waspada potensi bencana hidrometeorologi," tulis BMKG Makassar dalam akun resminya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama