Pj. Bupati Aceh Singkil Tinjau Desa Guha Simpang Kanan, Warga Guha Terharu

Aceh Singkil | Bentuk kepedulian dan rasa empati, Pejabat (Pj) Bupati Aceh Singkil Marthunis ST,. D.E.A Tinjau Kampung Guha yang belum ada pembangunan Penerangan listrik Negara (PLN), Kamis (06/07/2023) Pada sore hari ini.


Tommi Menejer Rayon PLN Rimo  Menjelaskan, Bahwa kendala kita dari PLN lima tahun yang lalu, Itu terkait pembebasan lahan yang ada di masyarakat sekitar sini.


"Sehingga menyulitkan kami dari PLN Rayon Rimo, untuk melakukan pemasangan tiang listrik ke Desa Guha Simpang Kanan ini," Ujar Tommi 


Pertama, Karena kalau kita membangun tiang - tiang listrik ke Desa sini. "Pertama kami dari pihak PLN, Syaratnya itu harus ada surat pembebasan lahan tanah dari warga setempat.


Pertama, terkait di areal - areal yang ingin dipasang tiang - tiang listrik. Saat kami melakukan pemasangan tiang listrik nantinya. 


Kedua terkait batang sawit milik warga terdampak dari pemasangan tiang listrik tersebut, itu bagaimana persoalan ganti ruginya." Ungkap Tommi 



Kalau boleh jujur, kami dari pihak PLN Rayon Rimo, dua item itu saja, yang sangat kami perlukan,ketika saat melakukan pemasangan tiang listrik nantinya.


Baru terkait akses jalan mobil pengangkut tiang listrik dari PLN, Ketika saat memasuki Desa ini," Tambah Tommi 


Dikarenakan mengunakan jalan kendaraan roda dua saja susah, menimal akses jalan yang kita lalui. Menimal bisalah untuk akses masuk mobil pengangkut tiang listrik." Pungkasnya


Satu tiang listrik PLN itu, muatanya tersebut 1,5 Ton, biasa kalau kita sekali bawa itu menimal 4 batang tiang listrik, karna kalau kita hanya membawa dua batang, rugi di cost mobilnya," Ucap Tommi


Selanjutnya, Markus Manik Gecik Desa Guha Mengungkapkan, Bahwa adapun yang tinggal di Kampung Guha ini, ada 41 Kepala Keluarga dan Jiwanya 146 orang.


Disamping itu, Padang Salah Satu Warga Desa Guha, Suharno Padang mengatakan sangat berterima kasih atas kunjungan Pj. Bupati Aceh Singkil ke Desa tersebut.


Padang Mengatakan, Ia merasa bangga, karna kami disini sifatnya. Mengingat Pak Pj. Bupati Aceh Singkil, karena dari beberapa Bupati Aceh Singkil.


"Apapun keluhan kami selaku masyarakat Desa Guha ini. Bisa dikatakan tidak pernah ditanggapi, mungkin itu hanyalah perasaan kami." Sebut Padang 


Tapi itu semua, mungkin karna kesibukan beliau, jadi kami dari kalangan masyarakat Desa Guha ini semuanya.


Mengucapkan terima kasih sebesar - besarnya kepada Pak Pj. Bupati Aceh Singkil, walaupun Bapak hanya Pj. Bupati Aceh Singkil.


"Rupanya bapaklah yang betul - betul menginspirasi keluhan - keluhan kami masyarakat di Desa Guha ini, kata Padang dengan nada tersedu - sedu dan terharu.


"Terhadap kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Aceh Singkil ke Desa mereka.


Turut berhadir dalam kunjungan kerja Pj. Bupati Aceh Singkil ke Desa Guha itu, Yakni; Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setdakab) Aceh Singkil Riky Yodiska S.STP, MSi dan Beserta Staf Sugeng Ariadi. Manejer PLN Rayon Rimo, Tommi. 


Camat Kecamatan Simpang Kanan Sopian S.H, Babinsa Koramil 04 Simpang Kanan, Serda Narto, Kades Lae Gambir Irwan Maha, Kades Desa Guha, Markus Manik dan lainnya.


Diketahui, Dalam kunjungan Pj. Bupati Aceh Singkil ke Desa Guha. Ia juga menyempatkan diri untuk berdiskusi dengan warga Desa tersebut.


"Sambil melihat jembatan di Desa Guha yang belum selesai. Setelah itu Pj. Bupati Aceh Singkil juga melihat pagu Anggaran Dana Desa Guha. 


Selanjutnya, Pj. Bupati Aceh Singkil pamit kepada warga Desa Guha dan singgah sebentar ke Desa Lae Gambir untuk menunaikan Sholat Magrib.


"Setelah itu Pj. Bupati Marthunis melanjutkan perjalanannya kembali. 


Laporan :Syahbudin Padang

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama