LIRA Aceh Tenggara Minta Kejari Periksa Baitul Mall



Aceh Tenggara | 
Dana Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) Diduga di maling  Rp 1,1 Milyar dana ZIS tahun 2022 di Baitul Mal Agara dikabarkan belum dikembalikan oleh oknum-oknum peminjam.

Kabar itu disampaikan oleh salah satu oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang minta jati dirinya disembunyikan, Rabu (3/5). Dia menyebutkan pinjaman yang bersumber dari uang amal itu, hingga sampai saat ini belum dikembalikan.

Dikatakan dia, dana ZIS yang semestinya untuk umat, namun ternyata dipakai oleh oknum-oknum yang bertugas di lembaga daerah tersebut. Dalihnya sebagai pinjaman.

Namun, kata dia, oknum-oknum peminjam, saat ini, diketahui ada yang tidak lagi bertugas di lembaga tersebut, sehingga dikhawatirkan pelaporan pertanggungjawaban dana amal tersebut tidak sesuai dengan penggunaannya.

Ditempat terpisah, PLH Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh Tenggara, M.Nasir, ketika dikonfirmasi media ini melalui Whatshappnya pada hari Jum’at 9/6/2023 pukul 19.22 Wib, M.Nasir mengatakan, masalah kepada siapa saja mengalir uang pinjaman saya belum pegang data, karena dokumen sudah diserahkan Bendahara kepada APIP.

Ketika ditanya masalah gaji Dewas, M.Nasir mengatakan, “sepengetahuan saya di dalam rutin Sekretariat Baitul Mal, bahwa gaji Dewas terdiri Ketua Rp 4 juta, Sekretaris Rp 3,5 juta dan 3 orang anggota masing-masing Rp 2 juta per bulan, sedangkan Baitul Mal Kabupaten (BMI) Ketua Rp 4,5 juta dan 4 orang anggota mesing-masing Rp 4 juta per bulan, itu yang sesuai di DPA Sekretariat Baitul Mal,” jelasnya.

Bupati Lumbung Iinformasi Rakyat (LIRA) Aceh Tenggara, Muhammad Saleh Selian kepada media ini Jum’at (7/7/2023) siang  mengatakan, Dans ZIS diduga dimaling, saya minta kejaksaan negeri aceh tenggara  memanggil dan periksa Baitul Mall Agara tersebut. Karena menurut Saleh Selian banyak masalah di lingkungan  Baitul Mall Agara yang mengelola uang umat itu, misalnya masalah gaji Dewan Pengawas (Dewas) yang simpang siur, ada pihak yang mengatakan gaji Dewas per bulannya Rp 4 juta dan ada lagi informasi yang menyebutkan bahwa gaji Dewas itu per bulannya sebesar Rp 6 juta, hal ini harus ditelusuri oleh Polres Aceh Tenggara, karena publik sudah tahu sebelumnya gaji para Dewas hanya Rp 4 juta, nah kenapa ada informasi gaji mereka naik menjadi Rp 6 juta. Diduga ada pemalsuan tandatangan Bupati dan paraf Sekda pada SK Dewas tersebut, ujarnya.

Sangat ironis, sebut Bupati LIRA Agara itu, seminggu setelah Dewas Baitul Mall Agara dilantik, diduga mengambil dana ZIS dengan alasan dipinjam, apakah uang tersebut sudah dikembalikan? Jika belum dikembalikan, bagaimana cara Baitul Mal membuat surat pertanggugjawabannya, tanya Saleh Selian 

Disamping itu Saleh Selian juga meminta pengadaan kain tahun 2022 turut diperiksa karena di sinyalir terjadi pengelembungan harga , hal ini penting dipertanyakan , merk apa , kw berapa , beli dimana , harga berapa dan siapa penerimanya " Tutup Saleh Selian .

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama