Ini dia Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi Digayo Lues Hanya 17 Titik di Tahun 2023


Banda Aceh | Dalam rangka memenuhi kebutuhan air irigasi demi mendukung ketahanan pangan nasional dan aktivitas perekonomian serta mendorong pemerataan pembangunan nasional yang tercantum dalam prioritas pembangunan kelima Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah Nasional 2020-2025, maka diperlukan penyelenggaraan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

Program Perceparan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) adalah program rehabilitasi, peningkatan, atau pembangunan Jaringan Irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan sendiri oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air, Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air secara swakelola.

Adapun jenis kegiatan pelaksanaan P3-TGAI terdiri dari:

a. rehabilitasi Jaringan Irigasi;

b. peningkatan Jaringan Irigasi; dan/atau

c. pembangunan Jaringan Irigasi.

Tiga penerima P3-TGAI ini terdiri atas Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A), dan/atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A). Penerima tersebut harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

a. berbadan hukum;

b. disahkan dengan keputusan kepala daerah;

c. disahkan dengan akta notaris; atau

d. disahkan dengan keputusan kepala desa, untuk P3A.

Terkait dengan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi Digayo Lues Hanya 17 Titik  ditahun 2023 dan ini titik lokasinya,Sesuai dengan data yang diterima oleh tim media ini,Rabu (14/6/2023).

Praktisi hukum M Purba, SH yang diminta tanggapannya terkait dengan hal tersebut diatas menambahkan bahwa program pemerintah pusat tersebut jangan sampai disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu dengan mengambil keuntungan,sebab program pemerintah pusat itu ditujukan langsung kemasyarakat.

Sebab ditahun sebelumnya sudah banyak orang tertipu dengan dalih program yang serupa dan ditahun 2023 ini jangan sampai ada oknum-oknum yang memanfaatkan situasi demi meraup keuntungan pribadi.

Dan apabila ada oknum-oknum yang mencoba-coba untuk memanfaatkan situasi tersebut kita tak segan-segan untuk melaporkan nya ke penegak hukum,tegas anggota Peradi ini.

Sebab sepengetahuan kita bahwa program ini adalah hasil perjuangan keras dari wakil rakyat yang saat ini duduk di parlemen yaitu H.Irmawan Sos.MM.(red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama