Bupati Bengkalis Sampaikan Penting Manajemen Usaha, Agar UMKM Bisa Maju dan Bersaing.


BENGKALIS, Guna melahirkan para wirausahawan yang mampu menghasilkan produk usaha yang berkualitas dan dapat bersaing di pasar nasional maupun global, Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi serta manajemen usaha bagi pelaku UMKM.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui diklat pembinaan manajemen kewirausahan bagi pelaku UMKM.


Hal tersebut disampaikan Bupati Bengkalis melalui Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan H Bustami HY dalam arahannya saat membuka kegiatan diklat peningkatan manajemen kewirausahaan bagi UMKM yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bengkalis, di Aula Hotel Surya Bengkalis, Senin (12/06/2023).

Lebih lanjut Bustami menyampaikan bahwa pentingnya manajemen usaha tidak dapat diremehkan atau diabaikan oleh pelaku UMKM, karena keberhasilan sebuah usaha, sepenuhnya bergantung pada seberapa baik pengelolaannya.


“Dalam pengelolaan sebuah usaha, prinsip utama yang harus dimiliki dan dilakukan itu adalah manajemen usaha, karena manajemen usaha, atau yang biasa disebut dengan manajemen bisnis adalah proses di mana pelaku usaha harus bisa merencanakan, mengatur, mengarahkan dan mengendalikan kegiatan dan sumber daya usaha untuk mencapai tujuannya dengan cara yang efektif dan efisien dalam lingkungan yang selalu berubah,” Ujar Bustami.

Oleh karenanya, sambung Bustami, melalui diklat ini, kami berharap dapat membantu pelaku UMKM untuk terus mengembangkan kegiatan usahanya melalui manajemen usaha yang baik, tepat serta terarah. Sehingga kedepannya kita berharap UMKM yang ada didaerah ini dapat terus maju dan bersaing, sehingga akan berdampak pada bertambahnya penyerapan tenaga kerja, serta meningkatnya pendapatan dan produksi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, UPT Pelatihan Koperasi dan UMKM Provinsi Riau selaku narasumber Jatri Sarmawi, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Bengkalis Ir. H. Herliawan, para pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, beserta para Peserta Diklat Kewirausahaan UMKM.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama