5.3 Persen belum dialiri Listrik , PJ Bupati Kampar Minta bertahap agar ini Segera dialiri Listrik


Bangkinang Kota Menindaklanjuti Audience Pihak PLN bersama PJ Bupati Kampar beberapa hari yang lalu terkait Tentang Data Rumah Tangga yang belum berlistrik dan Non Rumah Tangga PLN , PJ Bupati Kampar Muhammad Firdaus SE, MM meminta dilaksanakannya rapat koordinasi antara Pihak PLN dan Pemerintah Kabupaten Kampar sehingga nantinya data yang ada dapat disingkronkan dan update serta dapat ditindaklanjuti langkah-langkah rencana kerja yang harus dilakukan oleh Pihak PLN kedepan dalam rangka pencapaian 100 persen masyarakat yang sudah berlistrik.

Selanjutnya PJ Bupati Kampar menjelaskan bahwa rapat ini dalam rangka mengupayakan meningkatkan rasio elektrifikasi pasca pemberlakuan Undang-undang nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah diberlakukan bahwa kewenangan ketenaga listrikan dialihkan sepenuhnya ke Pemerintah Provinsi.

Berdasarkan visi misi gubernur Riau dan wakil gubernur Riau melalui RPJMD 2019-2024 salah satunya adalah meningkatkan cakupan Pelayana listrik bagi rumah tangga.

Kebutuhan listrik merupakan kebutuhan dasar, karena saat ini ketergantungan akan listrik tidak dapat kita pungkiri, semua lini kehidupan tergantung pada listrik. 


Hal tersebut dikatakan Bupati Kampar didampingi Sekretaris Sumber Daya dan Mineral (SDM) Provinsi Riau Muhammad Hasanah Lutfi dan Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setda Kampar Ir Suhermi pada Rapat Koordinasi Tentang Data Rumah Tangga yang belum berlistrik dan Non Rumah Tangga PLN se-Provinsi Riau di Kabupaten Kampar tahun 2023 di ruang rapat lantai III kantor Bupati Kampar. Selasa, 13/6/2023

Saat ini terdata masyarakat yang sudah berlistrik sebanyak 94,7 persen dan yang belum berlistrik sebanyak 5,3 persen atau setara dengan 12. 232 Rumah Tangga dari 234.343 Rumah tangga di Kabupaten Kampar, lebih rendah jika dibandingkan dengan dengan porsentase 92.8 Persen. 

Kita semua berharap semoga sebanyak 5.3 Persen rumah tangga dapat segera dialiri Listrik, ini merupakan tanggung jawab kita semua dalam pemenuhan kebutuhan dasar " Kata Firdaus. 

Kepada Camat dan Desa segera melakukan inventarisasi terhadap rumah tangga yang belum terlayani terhadap kebutuhan listrik, secara bertahap ini agar dapat kita layani dan tahun 2024 sudah 100 persen teraliri" Pinta Muhammad Firdaus di hadapan Pimpinan dan manajemen PLN Pekanbaru, Camat se Kabupaten Kampar, serta instansi terkait dengan kelustrikan. 

Maneger UP2K Riau Agus Fitryansyah mengatakan bahwa nantinya seluruh hasil rapat ini akan di masukkan keperencanaan kerja kedepan sehingga ketersediaan listrik bagi rumah tangga dan Non rumah tangga PLN dapat tercukupi secara keseluruhan, dan tahun 2023 ini kita telah melaksnakan kegiatan pengadaan pemasangan tiang listrik, jaringan dan travo" Kata Agus. 

Kami memerlukan data riil rumah tangga yang belum berlistrik dan data rumah tangga non PLN " Pinta Agus. 

Hadir pada rapat tersebut Kadis Perhubungan Amin Filda  SA.g Pihak PLN ranting Bangkinang, stakeholder terkait, Camat se-Kabupaten Kampar, Kabid E-government Diskominfo dan Persandian Kabupaten Kampar Yafrizal Agusmar SE, MM, Kabag Sumber Daya Alam (SDA) Setda Kampar Safaruddin M.Si (Diskominfo Kampar/A.N)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama