Peringati hari kelahiran ke-15 jatuh pada tanggal 30 Mei 2023, Kongres Advokat Indonesia (KAI) akan mengundang para Calon Presiden (Capres) berdialog menyampaikan konsep pembangunan hukum di Indonesia ke depannya.


“Dalam HUT ke-15 yang secara kebetulan berbarengan dengan moment menjelang Pemilihan Presiden Republik Indonesia, KAI sengaja mengundang dan menyiapkan forum bagi para Calon Presiden Republik Indonesia untuk dapat berdialog untuk dapat menyampaikan dan atau memaparkan fikiran-fikiran besarnya, konsepsi besarnya, komitmen tingginya berkaitan dengan pembangunan hukum, penegakan hukum ke depan,” kata Presiden KAI Erman Umar dalam keterangannya, Sabtu (27/5/2023) dikutip dari Detik.com.

“Kami para advokat dan masyarakat hukum serta rakyat ingin memastikan bahwa siapapun presiden terpilih nantinya betul-betul dapat mewujudkan dan menguatkan bahwa Indonesia adalah negara hukum yang memberikan rasa keadilan bagi semua lapisan masyarakat,” jelas Erman.

Dengan mengusung tema ‘Mensinergikan dan Membangun Kolaborasi dengan Seluruh Stakeholder Dalam Memperjuangkan Tegaknya Supermasi Hukum’. Erman menyebut, KAI memiliki kewajiban untuk mengetahui dan memastikan bahwa para capres memiliki fikiran-fikiran besar terkait dengan penguatan NKRI yang betul-betul sebagai negara hukum.

“Menjadikan hukum sebagai panglima, dan bukan hukum dijadikan sebagai alat untuk menyalahgunakan kekuasaan. KAI ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat NKRI ini mengetahui sejak awal bahwa Presiden Republik Indonesia terpilih di tahun 2024 nanti betul-betul memiliki konsepsi dan pemikiran serta komitment tinggi untuk dapat mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan,” ungkap Erman.

Kemudian, KAI akan memberikan apresiasi dengan memberikan penghargaan tinggi kepada beberapa tokoh, baik nasional maupun daerah dari berbagai unsur, baik unsur penyelenggara negara, unsur penegak hukum, yang memiliki integritas, komitment, konsistensi dan kontribusi positif dalam penegakan hukum.

Di antaranya Azyumardi Arza, (Akademisi/Pejuang Hukum dan Hak Asasi Manusia), (Alm.) Artijo Alkostar (Mantan Hakim Agung), Boyamin Saiman (Ketua MAKI), dan Joncik Muhammad (Bupati Empat Lawang).

Kongres Advokat Indonesia (KAI) adalah organisasi advokat yang lahir dan dideklarasikan pada tanggal 30 Mei 2008. Organisasi ini diinisiasi dan dimotori oleh almarhum advokat Adnan Buyung Nasution.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama