Masa Sidang V, Tahun Sidang 2022/2023 resmi dimulai minggu lalu dan akan berlangsung sampai dengan 13 Juli mendatang. .

Terhitung singkat Sobat, 39 hari kerja dan selanjutnya DPR akan masuk masa reses 14 Juli mendatang.
.
Isu apa saja yang dibahas di masa sidang lalu baik di Komisi I maupun Badan Legislasi? Jumlah pertemuan, kunjungan serta penyerapan aspirasi yang saya lakukan di daerah pemilihan (Jakpus, Jaksel, Luar Negeri), dan tentunya hal-hal yang menjadi perhatian saya di media.
.
Informasinya dimuat dalam #CatatanKerjaChristina sebagai bentuk akuntabilitas dan keterbukaan informasi kepada konstituen yang konsisten saya lakukan sejak awal menjabat. Selalu semangat #KerjaUntukIndonesia 🇲🇨 💛
Lisbon, Portugal menjadi tujuan saya setelah Spanyol. Selain mengunjungi Dubes @rudy.alfonso_official dan Ibu, saya juga khusus menyapa WNI kita dalam giat Town Hall Meet Representative #ChristinaAryani guna bersilaturahmi dan menyerap aspirasi.
.
Seperti halnya Spanyol, mayoritas WNI kita di Portugal berprofesi sebagai Anak Buah Kapal (ABK). Dengan iklim bersahabat dan biaya hidup lebih murah dibandingkan negara Eropa lainnya, Portugal bisa menjadi opsi bagi ABK dan pekerja migran kita.
.
Sempat berjalan-jalan melihat Alfama distrik yang cantik dan mencoba egg tart legendaris di Pasteis de Belem (the best). Sepertinya musti kembali lagi suatu waktu nanti untuk mengeksplor kota-kota lainnya 😊
Minggu lalu guna menjalankan fungsi pengawasan, Komisi I kembali mengunjungi tiga kantor perwakilan kita di luar negeri, dimana saya bertugas ke Madrid, Spanyol.
.
Spanyol menjadi tujuan kerja anak buah kapal (ABK) yang potensial untuk dioptimalkan. Dengan upah minimum 1,080 euro plus minim kasus hukum saya bersemangat untuk mendorong lebih banyak ABK kita menjadikan Spanyol sebagai tujuan migrasinya.
.
Per Februari 2023, Indonesia dan Spanyol telah memiliki mutual recognition agreement terkait sertifikasi ABK dimana untuk implementasinya Indonesia perlu meningkatkan standar sertifikasi sesuai Konvensi Internasional STCW-F 1995. Untuk keperluan ini saya akan menemui Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan secepatnya. 
.
Sebagaimana rutin saya lakukan selama ini, saya juga khusus menemui perwakilan berbagai komunitas WNI di Madrid untuk mendengar langsung keseharian mereka, tantangan yang dihadapi dan menyerap aspirasi. 
.
Adapun satu siang dari kunjungan singkat ini saya manfaatkan untuk berjalan-jalan melihat beberapa obyek cantik di kota Madrid yang kebetulan tengah merayakan festival San Isidro ☀️ .Senin lalu saya mengunjungi Komnas Perlindungan Anak untuk berdiskusi dengan teman-teman Komnas terkait fenomena meningkatnya anak sebagai pelaku kejahatan.
.
Kejahatan yang dilakukan anak dewasa ini demikian mengerikan, memilukan hati, diluar akal sehat sehingga penting bagi para pemangku kebijakan untuk duduk bersama dan memikirkannya.
.
Apa yang salah dalam sistem kita? Pengaruh buruk datang dari mana saja? Apa yang bisa kita lakukan untuk memperbaikinya. Perjalanan masih panjang Sobat, tapi pertemuan ini menjadi titik awal dalam upaya menemukan solusi. 
Jumat lalu, saya kembali menyapa warga Jakarta Pusat dalam giat Sosialisasi Empat Pilar MPR RI. 
 .
Selain esensi Empat Pilar yang terus kami gaungkan relevansinya dalam kehidupan sehari-hari, kali ini saya mengangkat pesan khusus terkait politik uang dalam pemilu.
.
Menolak politik uang menjadi bentuk nyata pengamalan Pancasila yang esensial dalam memelihara kemurnian demokrasi yang kita anut. 
.
Kedaulatan rakyat yang luhur tidak sepantasnya digadaikan dengan nominal rupiah yang ditawarkan. Pesta demokrasi harus dijalankan dengan jujur dan bermartabat dengan memilih pemimpin berdasarkan pada kinerja, kapasitas dan rekam jejaknya. Selalu semangat #KerjaUntukIndonesia🇲🇨💛.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama